Workshop Literasi Digital di SMPN 1 tulangan

By admin sekolah 12 Feb 2024, 14:58:47 WIB Pendidikan
Workshop Literasi Digital  di SMPN 1 tulangan

Gambar : Pembukaan Workshop pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dengan tema Literasi Digital oleh Bapak Dr. Tirto Adi, M.Pd di SMPN 1 Tulangan


Sidoarjo, 26 Januari 2024 - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sidoarjo, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Bapak Dr. Tirto Adi, M.Pd, membuka acara pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi para guru SMPN 1 Tulangan dengan tema utama "Literasi Digital". Acara ini diadakan dengan semangat untuk menciptakan guru-guru yang literat terhadap perkembangan zaman digital.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Tirto Adi, M.Pd. menekankan pentingnya literasi digital di era teknologi saat ini. Ia menyampaikan, "Guru-guru yang literat dalam dunia digital mampu memberikan dampak positif pada proses belajar mengajar. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan literasi digital di kalangan guru agar mereka dapat mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pembelajaran." 

Workshop ini berlangsung selama tanggal 23-24 Januari 2024, dimana pada hari pertama akan membahas tentang penggunaan Flip PDF Profesional untuk menunjang guru dalam membuat media pembelajaran yang akan disampaikan oleh Imamul Baihaqi, S.Kom. Pada Workshop ini beliau menyampaikan "Bahwa karena kita hidup di zaman digital dimana hampir seluruh aktivitas selalu berkaitan dengan digital sehingga sebagai guru kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Flip PDF Profesional merupakan salah satu aplikasi yang dapat bapak-ibu guru gunakan untuk membuat media pembelajaran secara digital. keuntungan penggunan aplikasi ini selain memudahkan guru dalam membuat media pembelajaran digital juga membuat siswa tertarik dalam pembelajaran."

Workshop pada hari kedua terlaksana pelatihan khusus tentang penulisan artikel ilmiah populer yang di sampaikan oleh salah satu pemateri terkenal. Materi ini dianggap penting untuk memperluas cakupan pengetahuan guru dan memungkinkan mereka untuk berbagi ide dan inovasi melalui tulisan yang dapat diakses secara luas.

Pemateri tersebut, Khoirun Nisak, S.Pd, seorang ahli dalam bidangnya, berbagi pengalaman dan keterampilannya dalam menyusun artikel ilmiah populer yang dapat dicerna oleh berbagai kalangan. Peserta acara terlibat aktif dalam sesi pelatihan, belajar bagaimana menyusun tulisan yang informatif dan menginspirasi, sambil tetap mematuhi kaidah keilmuan.

Guru-guru yang hadir sangat antusias dan bersemangat untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam praktik sehari-hari mereka. Acara ini juga menciptakan platform kolaboratif di antara guru-guru untuk saling bertukar pengalaman dan ide dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Tulangan.

Acara pengembangan keprofesian berkelanjutan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam membentuk guru-guru yang tidak hanya kompeten dalam literasi digital, tetapi juga mampu menulis artikel ilmiah populer. SMPN 1 Tulangan berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan sejenis guna mencapai pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment